Jumat, 04 November 2011

[Review] Novel Kasidah Sunyi



Laki-laki itu seperti burung malam yang bernyanyi bagaikan merindukan bulan. Namun laki-laki itu merasa "berkasidah" tidak untuk siapa-siapa. Karena ia tidak menyadari ada perempuan cantik yang setiap malam berdiri di ambang jendela menunggu angin yang datang karena angin itulah yang setia mengirimkan "kasidah" yang teramat merdu itu.



         Siti Julaika namanya. Gadis kecil yang dibawa oleh Bapak dan Ibu Zubir dari sebuah desa kecil di pinggir pantai, kini telah tumbuh menjadi seorang artis terkenal yang telah berganti nama menjadi Anneke Zulaecha. Tak ada yang tahu apakah ketenaran yang diraihnya berasal dari nama baru itu, atau berkat bakat dan potensi besarnya yang muncul ke permukaan.
          Diawali dengan pertemuan Yusuf dan Zulaecha di sebuah toko buku, rasa simpati pada Yusuf tumbuh di hati Zulaecha. Baginya Yusuf memang sosok menarik yang alim dan taat pada agama. Meskipun keduanya hidup dengan latar belakang yang berbeda, namun Zulaecha berharap Yusuf juga merasakan hal yang sama.
         Seiring berlalunya waktu, rasa bimbang mulai menggelayuti benak Zulaecha ketika yusuf menyampaikan pendapatnya tentang maraknya artis yang mananggalkan jilbabnya. Pernyataan Yusuf kali ini membuat Zulaecha merasa tersindir. Kini, cintanya pada Yusuf berubah menjadi benci. Dia ingin menaklukkan hati dan iman Yusuf.
         Lalu, Mampukah Zulaecha mewujudkan keinginannya untuk menaklukkan hati dan iman Yusuf? Dan akankah Zulaecha mengenakan jilbabnya lagi?

Yup, inilah penggalan singkat dari novel spiritual tentang cinta dan iman. Diangkat dari kisah Al-Qur'an, kisah yang akan dikenang sepanjang masa, kisah Yusuf dan Zulaikha. Sebuah novel yang menurutku memiliki alur dan bahasa yang bagus (dan puitis). Novel ini menurutku sangat cocok untuk remaja muslim khususnya, di dalam novel ini terdapat beberapa penggalan ayat suci Al-Qur'an, hadist, dan syair-syair yang indah, serta sarat inspirasi dan pesan moral.
Namun..., karena terlalu banyak pesan moral yang ingin disampaikan oleh penulis membuat novel ini sedikit menjemukan (mungkin). Selain itu, menurutku ending ceritanya biasa-biasa saja....

Judul  Buku     : Kasidah Sunyi, Cerita Cinta Yusuf & Zulaecha
Penulis            : Achmad Munif
Penerbit          : Cakrawala Fiksi
Tahun Terbit   : 2011
Tebal              : 420 halaman
Dimensi          : 13 x 19 cm



Takalar, 4 November 2011
Sang Pendaki Pelangi

1 komentar:

Pendaki Pelangi mengatakan...

hmmm....

Posting Komentar